PPID UGM Bagikan Inovasi Layanan Publik ke Unila

  • Whatsapp

Yogyakarta, BP

Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Gadjah Mada (UGM) berbagi pengalaman dan inovasi dalam memberikan layanan publik kepada tim PPID Universitas Lampung (Unila) yang berkunjung ke kampus UGM pada Rabu, 31 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

Salah satu inovasi yang dibagikan adalah upaya memotong birokrasi yang ada agar informasi dan jawaban layanan dapat langsung diberikan kepada pemohon informasi. Hal ini sejalan dengan salah satu prinsip keterbukaan informasi publik (KIP) yang dijalankan UGM.

Selain itu, PPID UGM menunjukkan beberapa layanan publik yang dilakukan melalui media sosial dan aplikasi, serta ekspansi penyebarluasan pentingnya KIP bagi desa-desa.

Dalam kunjungan tersebut, PPID Unila yang dipimpin Wakil Ketua PPID Budi Sutomo, S.Si., M.Si. mengikuti proses penanganan sengketa informasi yang dilakukan PPID UGM sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan uji konsekuensi yang berlaku.

PPID UGM juga menjelaskan, pelayanan publik yang diberikan berada di bawah koordinasi Subkoor Pelayanan Publik, Bagian Humas dan Protokol UGM yang senantiasa melakukan pemutakhiran data dengan melibatkan setiap unit kerja yang ada di UGM.

Dari kunjungan ini, PPID Unila mendapatkan banyak masukan dan inspirasi untuk mengembangkan PPID Unila di masa depan. Salah satunya yakni karakteristik UGM yang selalu mengutamakan koordinasi dengan pendekatan informal melalui PPID Utama yakni Sekretaris Rektor dengan ekosistem yang ada di UGM.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dina Widyaputri Kariodimedjo, S.H., LL.M., yang juga selaku PPID Pelaksana menyambut baik kunjungan PPID Unila dan berharap dapat terus menjalin kerja sama dan sinergi dalam meningkatkan layanan publik di perguruan tinggi.

Dina menguraikan, Unit Layanan Terpadu (ULT) merupakan bagian dari kantor humas dan protokol yang bertujuan untuk memberikan layanan informasi yang cepat, mudah, dan akurat kepada masyarakat. ULT melayani berbagai permintaan informasi melalui berbagai kanal, seperti daring, telepon, WhatsApp, email, hingga call center.

ULT juga berperan sebagai fasilitator dan akomodator bagi media yang ingin mendapatkan informasi terkait UGM. “Kami selalu berusaha untuk menanggapi, memfasilitasi, dan mengakomodasi kebutuhan media secara positif dan profesional,” tuturnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *