Bandar Lampung, BP
Pelayanan pembuatan, perbaikan dan pendataan kependudukan di kantor Disdukcapil Kota Bandar Lampung ‘lemot’.
Pasalnya, warga yang datang di kantor satu atap (Satap) lantai II Pemkot Bandar Lampung tersebut merasa terganggu karena jaringan internet yang tersedia ‘lemot’ alias lola (loding lama).
Akibat penggunaan ‘Wifi’ yang lambat ini, aplikasi Permenmanis situs Dukcapilpun mengalami keterlambatan.
Anehnya, ketika ditanya soal penyebab keterlambatan jaringan, sejumlah pegawai tidak bisa menjawab.
Bahkan, sejumlah petugas menyarankan warga untuk membuka dan menghidupkan data seluler pribadi. “O y bu, memang agak lemot banyak yang pakai. Coba aktifkan data selulernya,” kata salah satu pegawai di kantor Satap Dukcapil, Rabu (21/2/2024).
Sementara menurut Susi, salah seorang warga yang pertama kali ingin melakukan perbaikan kartu keluarga (KK), pada Rabu (21/2/2024) mengaku kesal pelayanan Dukcapil yang kurang efektif. “Harusnya setiap warga yang datang dilayani, diajari dan diberikan arahan. Apa saja yang harus diisi didalam aplikasi Permenmanis Dukcapil itu, sebab tidak semua warga yang paham cara membuka dan mencantumkan datanya,” kata dia kesal.
Hal senada juga di katakan warga lain berinisial Z (43). Dia menyebut, dalam hal pelayanan pegawai Dukcapil terkesan masih ada yang cuek. Tidak serta merta menjelaskan apa saja tata cara pengisian data di aplikasi kependudukan. Bahkan, tidak jarang warga yang bertanya hanya dipersilahkan membuka dan mengisi sendiri datanya.
Terkait informasi ini, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung belum dapat dimintai komentar, tentang pelayanan pegawai yang masih terkesan cuek. Termasuk juga dengan jaringan internet yang digunakan untuk mengapload dan mengisi data kependudukan di kantor satu atap tersebut. (Zul)