Warga 3 RT di Kelurahan Bumiwaras Terancam Terisolir

  • Whatsapp

BANDAR LAMPUNG – Ratusan warga Kelurahan Bumiwaras, tepatnya RT 027, RT 036, dan RT 037, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, terancam terisolir. Pasalnya, warga bakalan tidak ada akses jalan lantaran jalan yang biasa dilewati warga, terutama pengguna roda empat, bakal tertutup tembok beton.

Penutupan akses jalan tersebut dilakukan oleh pemilik lahan, yang berdasarkan informasi bernama Jonson. Dengan akan ditutupnya akses jalan tembus menuju Jalan Nila, warga khawatir apabila terjadi musibah kebakaran, rumah warga bakal ludes dilalap jago merah. Hal ini lantaran unit damkar tidak ada jalan menuju lokasi, yang hanya bisa dilalui roda dua.

Bacaan Lainnya

Warga menyayangkan sikap aparat kelurahan dan kecamatan setempat yang dinilai tidak cepat tanggap atas persoalan ini. Warga menilai, pamong mengulur ulur waktu sehingga persoalan ini, selama empat bulan tak kunjung ada solusi.

“Ya kami sudah menyurati Lurah, terus ke Camat, balik lagi ke Lurah, dan ujung ujungnya Lurah seolah mau lepas tanggungjawab atas persoalan ini, karena pemilik lahan sudah menembok lahan dan hanya menyisakan 3 meteran lahan untuk lewat kendaraan, dan tak lama lagi akan ditembok juga,” ujar salah seorang warga, seraya mengatakan pemilik lahan mulai menembok lahan sekitar empat bulan lalu.

Mirisnya, oleh pemilik lahan, warga diberi waktu hingga tanggal 23 Oktober untuk mengklirkan lokasi. Setelah itu, pemilik lahan akan menembok keseluruhan lahan miliknya, yang selama ini digunakan warga sebagai akses jalan. Hal inilah yang membuat keresahan warga di tiga RT tersebut.

“Ini belum ada solusinya soal akses jalan, dan tanggal 23 sebentar lagi, sementara pemilik lahan tetap akan menembok lahannya yang biasa digunakan warga,” ujar warga setempat.

Sementara, Lurah Bumiwaras, Henry Yanes, saat dihubungi Bongkarpost.id membenarkan adanya penutupan akses jalan warga oleh pemilik lahan.

“Nanti lagi mau cari jalan alternatif yang baru karena lokasi di sekitar tanah tersebut sudah ada kepemilikannya,” singkat Lurah, via Whatsapp.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Bandar Lampung, Endang Asnawi, mengaku siap membantu warga Bumiwaras dan akan menjembatani penyelesaian persoalan tersebut.

“Selaku wakil rakyat saya siap membantu warga, apalagi ini soal jalan, ini untuk kepentingan masyarakat umum, harus diperjuangkan,” tegas Epenk, sapaan akrab politisi PDIP dapil Panjang, Bumiwaras, TBS, saat menerima pengaduan warga di kediamannya, pada Selasa (19/10/2021) malam.

Di lokasi, warga memprotes penutupan jalan oleh pemilik lahan. Warga memasang spanduk bertuliskan “Perhatian, kami warga RT 027, RT 036, RT 037 Kelurahan Bumiwaras membutuhkan jalan akses tembus ke jalan Nila IV untuk kepentingan seluruh warga. Spanduk terpasang di beberapa titik, di sekitar lokasi.

(Tika)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *