Realisasikan DD 2019, Desa Sukadana Ilir Utamakan Kepentingan Masyarakat

  • Whatsapp
Hamami, Kades Sukadana ilir

Lampung Timur, BP.id
Desa Sukadana Ilir, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur merealisasikan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019. Dikatakan Hammami, selaku kepala desa, pihaknya tengah mengawasi para pekerja yang sedang finishing atau perapihan kantor desa.

“Dalam waktu dekat ini ruangan kantor desa sudah bisa digunakan kepala desa, LPM, BPD dan semua perangkat desa, agar bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Hammami, didampingi didamping Sekertaris Desa Muhidin.

Bacaan Lainnya

Adapun dana pembangunan yang bersumber melalui APBN pusat itu digunakan untuk membangun kantor dengan volume ukuran 20x5m dengan nilai Rp247.287.500, Terdiri dari empat unit ruangan kantor, kepala desa LPM, BPD dan perangkat desa, sehingga dalam melayani kepentingan masyarakat bisa nyaman dan prima.

Dan dalam menjalankan program DD sudah ada penanggungjawab kegiatan infrastruktur, yaitu bentuk bangunan fisik adalah Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang selalu berkodinasi dengan pendamping lokal desa (PLD), serta pendamping desa (PD) di kantor kecamatan, dan Tenaga Ahli (TA).

“Mereka inilah dengan masing – masing tugas dan fungsinya dalam membangun program dana desa. Jadi saya sebagai kepala desa hanya sebagai mengetahui dan penanggungjawab anggaran DD, dan menerima laporan dari TPK apa yang diperlukan dan dibutuhkan oleh tukang dalam pembangunan, seperti pembelian material semen, pasir, batu dan lain – lainnya,” bebernya.

Lanjutnya untuk program, tidak boleh keluar dari aturan Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan gambar yang sudah dibuat oleh desa. APBDes itulah menjadi dasarnya.

Dikatakannya, pihak desa juga mengedepankan dan kualitas pembangunan dengan melibatkan tenaga kerja.

“Warga saya mayoritas petani, jadi saya mengutamakan pemberdayaan masyarakat, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pembangunan yang dilaksanakan,” kata dia.

“Mari sama – sama kita menjaga dan merawat bangunan yang sudah ada, biar bisa awet dan bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya,” tambahnya.

Hammami berharap, Bupati Lamtim bisa dapat lebih mengutamakan pembangunan di desa, ke depannya.

“Terutama Desa Sukadana Ilir, karena desa kami lah yang terletak di kota sehingga misi dan visi membangun Desa Sukadana Ilir selalu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, eksekutif dan legoslatif,” terangnya. (fadli)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *