Pekerjaan PKTD Desa Mekar Jaya Libatkan Warga Setempat

  • Whatsapp

Lampung Selatan, (Bongkarpost)- Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2020 desa Mekar Jaya, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan telah terealisasi, hal ini dikatakan oleh Pudin. SE, Kepala Desa Mekar Jaya Kecamatan setempat saat pelaksanaan trail pekerjaan fisik pembuatan derenase di dusun Sumberejo, Selasa (14/4/2020).

Dalam kesempatan itu, juga dihadiri Camat Merbau Mataram Heri Purnomo, Kapolsek dan perwakilan Koramil Merbau Mataram, Pendamping Desa, serta seluruh perangkat Desa.

Bacaan Lainnya

Peletakan batu pertama yang dilaksanakan oleh Camat sebagai tanda dimulainya pelaksanaan pekerjaan fisik PKTD (Padat Karya Tunai Desa) Dana Desa tahap I Tahun Anggaran 2020.

“Saya mewakili pemeritahan desa Mekar Jaya sangat berterima kasih dengan berkenanya Bapak Camat, Kalpolsek, Koramil serta Pendamping Desa bisa menghadiri peletakan batu pertama trail pekerjaan fisik tahap I pada hari ini di Desa Mekar Jaya,” kata Pudin.

Dia menjelaskan, pembuatan derenase di dusun Sumberejo yang panjang 459 meter, tinggi serta lebar 60 cm dengan anggaran Rp.145 juta ini, merupakan salah satu kegiatan pekerjaan fisik yang bersumber dari Dana Desa tahap I tahun 2020. Selain pekerjaan pembuataan derenase, masih ada lagi pekerjaan Rigit beton dan gedung Perpustakaan.

“Pembuatan Derenase ini merupakan pekerjaan PKTD yang dikerjakan oleh warga, agar warga mempunyai kegiatan dan penghasilan, terutama untuk mengantisipasi Covid-19 ini,” jelasnya.

Masih menurut Pudin, dengan adanya program Dana Desa yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, sangat terasa bagi desa yang bersetatus desa tertinggal, dikarenakan bisa difokuskan untuk pembangunan yang dapat menunjang kemajuan desa.

“Apalagi saat ini diutamakan pada pekerjaan PKTD, sehingga bermanfaat kepada warga yang sangat membutuhkan pekerjaan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Camat Merbau Mataram Heri Purnomo menjelaskan, dalam program Dana Desa Tahun Anggaran 2020 ini, pekerjaan yang diutamakan adalah PKTD yang pekerjaanya dilaksanakan secara swakelola oleh warga, dengan tujuan agar warga sekitar bisa merasakan manfaat dari program Dana Desa.

“Pekerjaan PKTD ini merupakan suatu program kegiatan pada Dana Desa TA 2020 dalam rangka mengikutsertakan masyarakat pada pelaksanaan Dana Desa, terutama pada pekejaan fisik, sehingga keluarga yang tidak mampu, warga pengangguran, maupun pra pengangguran, bisa mendapat pekerjaan dan penghasilan terutama disaat maraknya Covid-19 ini yang membuat orang kehilangan pekerjaanyan,” jelasnya.

Heri Purnomo berharap, dalam pekerjaan PKTD ini agar benar-benar dikerjakan oleh warga sekitar dan pembayaran upahnya harus mengacu kepada pekerjaan PKTD.

“Pekerjaan Padat Karya Tunai, upah pekerjanya langsung dibayar pada hari itu juga dan utamakan jaga kwalitas pekerjaan, ” timpalnya. (Firdaus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *