Loekman Minta Masyarakat Tetap Tenang Hadapi Wabah Virus Corona

  • Whatsapp
Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto

Lampung Tengah, BP.id
Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengimbau masyarakat Kabupaten Lampung Tengah tidak berlebihan dalam merespon berita Virus Corona. Loekman meminta masyarakat tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa serta menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Salah satu hal yang penting dalam pencegahan ini adalah PHBS, demikian disampaikan Bupati saat melakukan sosialisasi tentang wabah Virus Corona di Radio Pemda Lampung Tengah dalam acara Hallo Bupati yang dipandu penyiar Vero Lasati, Rabu (4/3/2020).

Bacaan Lainnya

Seberat apapun tantangan yang dihadapi terkait virus corona lanjut Loekman, masyarakat diharapkan bisa menghadapi dengan hati tenang dan kepala dingin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Loekman meminta kepada OPD terkait untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait cara-cara pencegahan dan penanganan yang bisa dilakukan karena kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah.

Bupati berharap kesiap-siagaan menghadapi penyebaran dampak Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Lampung Tengah tidak hanya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya saja, tetapi menjadi tanggungjawab bersama. Untuk itu Bupati yang terkenal dengan jargon

Bupati Gotong Royong ini mengatakan, “Khusus dari pagi sampai jam 12 siang ini saya meluangkan waktu untuk mengadakan siaran dialog interaktif langsung melalui Radio Pemerintah Daerah (Rapemda) yang membicarakan isu yang begitu gempar dan membingungkan masalah Virus Corona,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak terjadi kegaduhan, tidak terjadi kebingungan di tengah masyarakat dalam talkshow ini ia mengajak Kepala Dinas Kesehatan dr. Otniel Sriwidiatmoko, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulauraya dr. Asril Syahdu dan Kepala Dinas Kominfo Iman Saputra S.H, untuk memberikan penjelasan yang sejelas – jelasnya kepada warga masyarakat Lampung Tengah bagaimana menyikapi isu tentang Virus Corona ini melalui Radio Pemerintah Daerah Lampung Tengah (Rapemda).

Melalui Dialog Interaktif melalui Radio Pemerintah Daerah ini Bupati berharap tidak terjadi keresahan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Otnil Sriwidiatmoko mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan Tenaga Medis Dokter Ahli Penyakit Dalam yang sudah berpengalaman dan memahami apa dan bagaimana sebetulnya penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini. Tenaga medis lainnya seperti para perawat juga diberikan edukasi yang sama.

“Bila suatu saat nanti ada pasien yang terduga terkena virus ini memeriksakan dirinya, tidak akan memunculkan kepanikan. Alhamdulillah sampai saat ini di Kabupaten Lampung Tengah belum ada pasien yang diduga terinfeksi virus tersebut,” kata Kadiskes.

Usai mendampingi Bupati melakukan siaran langsung dan berdialog dengan warga masyarakat melalui jaringan telpon perihal wabah Virus Corona kepada awak media dr. Otnil menjelaskan, bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah selalu berkoodinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

“Begitu ada kasus masuk akan kita tindak lanjuti dan petugas kesehatan kami sudah siap di lapangan, begitu ada kasus akan kita tindak lanjuti apabila memang sudah positif rumah sakit kita juga siap kirim kepada rumah sakit yang menjadi rujukan seperti Rumah Sakit Ahmad Yani Metro, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Bandar Lampung dan Rumah Sakit Umum Bob Bazaar di Lampung Selatan,” jelasnya.

“Seperti hari ini kita sudah sosialisasikan dengan Pak Bupati dalam rangka menenangkan warga masyarakat supaya tidak panik dan mengerti dan tidak timbul kehebohan dan kami juga minta untuk tidak membuat berita hoax yang tidak benar sehingga masyarakat tidak menjadi lebih panik,” timpalnya lagi. (gina/rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *