Kodim 0422 dan Dinkes Lambar Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

  • Whatsapp

Lampung Barat, BP.id
Komando Distrik Militer (Kodim) O422 Lampung Barat (Lambar) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar melalui Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi tentang virus corona, di Aula Sudirman Kodim setempat, Kamis (30/1/2020).

Sosialisasi membahas tentang bahayanya wabah virus corona serta antisipasi pencegahan. Hal ini, karena virus yang berasal dari negeri tirai bamboo, Cina diketahui cepat dalam penyebarannya.

Bacaan Lainnya

Pabung Kodim 0422/LB Kapten Inf Ihara mengatakan, sosialisasi tentang wabah virus corono dianggap sangat penting. Sebab, dengan adanya sosialisasi dapat menambang pengetahuan. Khusunya, untuk para prajurit yang bertugas di Kodim 0422 LB.

Selain itu, pihaknya juga mengintruksikan seluruh anggotanya untuk cermat dalam mengikuti sosialisasi dan membagikan serta menerapkan ilmu yang didapat pada kesempatan tersebut.

“Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada pagi ini, kita dapat berkumpul dalam rangka mengikuti Sosialisasi Kesehatan yang akan disampaikan oleh Dinkes Kabupaten Lampung Barat, dan diharapkan kepada seluruh peserta yang hadir dapat memperhatikan apa yang nanti akan disampaikan, walaupun tidak semuanya dapat hadir pada pagi ini karena berbagai hal dan kegiatan tugas sebagai satuan teritorial di wilayah, dan dengan apa yang didapat pada sosialisasi ini dapat disampaikan nanti agar kembali kepada keluarga dan rekan yang belum bisa hadir pagi ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) P2P di Diskes Lambar, Ira Permata Sari menyampaikan Virus Corona, Coronavirus atau disebut juga dengan 2019-nCoV sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Dimana virus ini menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius dan virus corona jenis baru ini pertama kali ditemukan Kota Wuhan, China.

Dikatan Ira, sebagai ciri dari virus corona kebanyakan menyebar seperti melalui penderita influenza pada umumnya.

“Corona virus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi, penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, atau bagian lain yang umum disentuh oleh penderita, Virus corona mempunyai gejala mirip dengan flu biasa Gejala lainnya pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam,” katanya.

Dimana lanjut Ira, Virus ini rentan menyerang orang yang kondisinya sistem ketebalan tubuhnya sedang lemah. Yakni, orang yang telah berumur atau lansia dan anak-anak.

“Virus ini bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius. Mulai dari pneumonia sampai bronchitis,” ujarnya.

Untuk itu, langkah yang dapat dilakukan adalah pencegahan jangan sampai tertular. Dimana, terpaparnya virus berdampaknya terhadap kesehatan adalah radang paru (pneumonia) dan gejala umum bagi orang yang terifeksi seperti demam, batuk pilek, kelelahan, sakit kepala. (wahyu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *