Kampung Cempaka Jaya Optimalkan Pembangunan Infrastruktur Melalui ADD 2019

  • Whatsapp

Tulangbawang, BP
Kampung Cempaka Jaya, Kecamatan Menggala Timur terus optimalkan pembangunan infrastruktur melalui Anggaran Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2019. Seperti yang diketahui, ADD bertujuan agar masyarakat dapat merasakan pemerataan pembangunan.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Sapri, Kepala Kampung Cempaka Jaya saat ditemui di balai kampung setempat, mengatakan tujuan ADD adalah menanggulangi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan perencanaan dan penganggaran pembangunan di tingkat desa dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan, meningkatkan pengamalan nilai-nilai keagamaan, sosial budaya dalam rangka mewujudkan peningkatan sosial.

“Meningkatkan ketentraman dan ketertiban masyarakat, meningkatkan pelayanan pada masyarakat desa dalam rangka pengembangan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, mendorong peningkatan keswadayaan dan gotong royong masyarakat, meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa),” terang Sapri.

Mengacu terhadap tujuan dari program dana ADD tersebut, pemerintah kampung melalui aparatur kampung terus berupaya pencapaian yang telah dijabarkan dalam undangan dana ADD.

“Di anggaran tahun 2019 Pemerintah Kampung Cempaka Jaya merealisasikan pembangunan berupa insfrastruktur drainase volume sepanjang 550 meter dengan anggaran sebesar Rp158.283.000, pembangunan pasar desa dengan volume 6 x 12 meter dengan anggaran sebesar Rp52.955.262. Kemudian rehap kantor kampung genteng rangka atap dan plafon dengan anggaran sebesar Rp272.096.900,” jelas Sapri

Lebih lanjut ia mengatakan, pembangunan dana desa di kampungnya adalah murni masyarakat langsung sebagai pelaksana dalam pembuatan, artinya dalam hal ini masyarakat ikut terlibat dalam pelaksanaan pembangunan bukan lagi katanya namun masyarakat yang tahu dalam realisasi anggaran dana ADD.

“Diharapkan dengan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan dana ADD atau pelaksanaan pembangunan hasil dari pembangunan yang dilaksanakan kualitas jauh lebih baik dari pada pembangunan yang dilaksanakan rekanan seperti halnya rekanan di dinas,” bebernya

Sapri menambahkan, dengan merealisasikanya anggaran dana ADD, pihaknya berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang dapat ikut serta mendorong peningkatan infrastruktur seperti jalan yang sudah di onderlagh sebelumnya menggunakan anggaran dana ADD dapat ditingkatkan melalui Dinas PUPR sehingga pembangunan dana ADD saling dukung.

“Ya bila peningkatan pembangunan di titik beratkan menggunakan anggaran dana ADD tentu tidak mampu karena keterbatasan anggaran, ke depan saya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang melalui dinas terkait harus lebih tanggap dalam pelaksanaan pembangunan melalui anggaran APBD kabupaten,” tegasnya. (riswan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *