Diskusi Politik, Ketua PWI Tuba Paparkan Fungsi Parpol ke Para Milenial

  • Whatsapp

Tulangbawang, BP
Para kaum Millennial saat ini merupakan salah satu patokan bangsa dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Seperti halnya partai politik sebagai tempat menyampaikan aspirasi dalam pemikiran-pemikiran di negara dalam berdemokrasi. Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulangbawang Abdulrahman, SH saat menghadiri dan mengisi langsung Diskusi Evaluasi Pemilu Tahun 2019 dan pendidikan politik Pemilih Millenial atau Pemula yang digelar langsung Mappilu-PWI bersama Pemerintah Kabupaten Tulangbawang, di aula rapat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Iman, Selasa (23/9/2019).

Abdulrahman mengatakan, adapun fungsi dasar partai politik, salah satunya menjadi saluran agregasi politik, menjadi saluran artikulasi politik, melaksanakan pendidikan politik, menjalankan fungsi rekrutmen politik serta menjalankan fungsi sosialisasi politik yang ada saat ini.

Bacaan Lainnya

Selain mengenal fungsi partai politik, para kaum millennial ini juga harus pintar-pintar dalam berdemokrasi, dengan menentukan sikap dan dapat membedakan hal yang tentunya baik atau buruknya suatu pilihan. Karena hampir 50 persen suara kaum millenial sangat penting diperlukan dalam menentukan hak pilih dalam berdemokrasi.

“Maka dari itu mari bersama-sama kita belajar dalam mengenal langsung politik berdemokrasi yang ada, saya harap dengan adanya kegiatan diskusi evaluasi pemilu ini, dapat bermanfaat dan menambah ilmu para kaum millenial khususnya para siswa-siswi SMK Al-Iman ini,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua PWI Tulangbawang ini juga menjelaskan langsung tugas dan fungsi pers dalam berdemokrasi di Indonesia. Ssalah satunya dalam hal pemberitaan dalam mengawal langsung perkembangan pesta demokrasi.

“Pers juga menentukan serta berperan penting dalam politik, karena pers mengawal langsung perkembangan yang ada dalam tahapan-tahapan suatu pemilu, untuk disebarluaskan ke masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Adapun sebagai narasumber adalah Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Tulangbawang Akhmad Suharyo, Ketua DPRD Tulangbawang Sofi’i Ashari, Kepala Dinas Kesbangpol Hamami Ria, Ketua PWI Tulangbawang Abdulrahman, SH, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmad, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang. (can/ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *