Bongkar Post – Proyek Pemeliharaan Jalan di Jati Agung APBD 2024, Ditengarai Tidak Sesuai SPEK

  • Whatsapp

 

Bongkar Post

Bacaan Lainnya

Lampung Selatan,

Proyek Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Jalan Margo Lestari – Sukamaju Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan kembali menuai sorotan.

Hasil pantauan di lapangan, tertera informasi pada papan proyek yaitu bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2024, waktu pelaksanaan 150 hari kalender, Nomor Kontrak 46/KTR/KONS-BM/DPUPR-LS/APBD/2024, tanggal 30 April 2024. Dimulai dari 30 April selesai 27 September 2024, dengan nilai kontrak Rp. 16.271.799.134,00,- . Penyedia jasa PT. DJURI TEKNIK, Konsultan Supervisi CV. View Consultant.

Respon warga cukup antusias melihat pekerjaan pemeliharaan jalan tersebut dimana dalam 1 bulan terakhir sudah sampai tahap lapisan sabes atau perataan jalan abu batu.

“Senang sekali kami sebagai masyarakat karena jalan ini diperbaiki, sudah puluhan tahun soalnya kami menikmati jalan rusak ini, ya Alhamdulillah kalau sudah ada perbaikan berarti ada perubahan,” terang Santoso (48) warga setempat kepada bongkarpost.co.id, pada Kamis (20/06/2024).

Tanggapan berbeda muncul dari salah satu warga di sana. Dia katakan, bahwa proyek APBD yang panjangnya lebih dari 6 km ini sepintas sangat bermanfaat bagi warga.

“Namun, patut dicermati apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan juklak dan juknis serta RAB dari dinas terkait karena nilainya yang fantastis. Sudah semestinya masyarakat bersikap kritis dan mempertanyakan hal ini,” ujar warga yang tidak mau disebutkan namanya tersebut.

Dikatakannya lagi, dengan nilai proyek sebesar itu, dinas terkait dan kontraktor harus transparan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Jangan terkesan ditutup-tutupi karena ini menyangkut uang rakyat.

“Terlihat tidak profesional, mengingat tambal sulam dalam pengerjaannya. Lapisan sabes diawal sangat tipis, rusak lagi, tambal lagi, dan seterusnya,” pungkasnya.

Media ini sudah mendapat konfirmasi dari Komisi 3 DPRD Lamsel, bahwa proyek pemeliharaan dan peningkatan jalan ini kategori Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari APBN 2024. Tapi tertulis di plang proyek APBD 2024.

Sampai berita ini ditayangkan, media ini sedang mengupayakan konfirmasi kepada Dinas PUPR Lampung Selatan dan pihak kontraktor. (Neni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *