Audiensi Dengan Para Tokoh, Agus Istiqlal Paparkan Upaya Percepatan Pembangunan di Pesibar

  • Whatsapp

Pesisir Barat, BP.id
Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH, menghadiri acara audiensi dengan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, di Pekon Sumur Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan, Jum’at (13/3/2020).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan beberapa hal percepatan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat dan terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan melalui berbagai program antara lain Kabupaten Layak Anak (KLA), pembinaan dan sosialisasi program KB, program kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, rehabilitasi rumah tidak layak huni, kelompok usaha bersama dan program keluarga harapan (PKH).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, di bidang kesehatan, sampai saat ini masyarakat Pesisir Barat tidak ada yang terjangkit Virus Corona. “Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Pesisir Barat agar tidak panik tetapi tetap waspada, terutama apabila mengalami gejala demam batuk, disertai kesulitan bernafas dan segera mencari pertolongan ke pelayanan kesehatan atau rumah sakit terdekat. Saya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran Virus Corona dengan senantiasa mengetahui bagaimana Virus Corona menyebar, mengenali gajala orang yang terjangkit Corona, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menggunakan masker bagi yang sakit, mengkonsumsi makanan sehat dan manjaga imunitas tubuh dengan pola hidup sehat,” bebernya.

Kemudian di bidang pembangunan, salah satunya pembangunan jalur evakuasi adalah pembangunan ini bertujuan untuk mengatisipasi apabila terjadi bencana yang ada di Kecamatan Pesisir selatan, jalur ini bisa berguna untuk keselamatan masyarakat.

Rencananya pembangunan jalur evakuasi ini berada di empat titik yaitu, di Pekon Biha, Pekon Ulok Manik, Pekon Tanjung Setia dan Pekon Sumber Jaya.

Selain itu, pembangunan jambanisasi di pekon- pekon, merupakan upaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kurang mampu yang belum memiliki jamban. Pembuatan jamban juga merupakan penyedia sarana sanitasi jamban sehat berbasis masyarakat, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih.

Adapun untuk tahun 2021, Kabupaten Pesisir Barat akan terus meningkatkan percepatan pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Ada lima prioritas pembangunan Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021, antara lain pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan konektivitas wilayah, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi masyarakat dan potensi unggulan daerah, reformasi birokrasi dan pelayanan publik, pengelolaan sumber daya alam dengan prinsip pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana.

“Harapan saya pada tahun 2021 mendatang semua sektor dalam kehidupan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik dan target-target sasaran serta target kinerja yang telah ditetapkan dapat mencapai hasil yang maksimal,” jelasnya.

Dilanjutkan, Bupati menyerahkan 10 santunan kepada anak yatim, 20 santunan kepada kaum du’afa, dan penyerahan alat pertanian yaitu 2 thereser dan penyerahan secara simbolis E-KTP, Akte Kematian dan pelayan E-KTP.

Turut hadir, Anggota DPRD Hermansyah, Para Asisten, Kepala OPD, tokoh adat dan masyarakat setempat. (eko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *