Pendamping PKH Dente Teladas Mulai Berikan Pengarahan Penerima Manfaat

  • Whatsapp

Tulang Bawang, (Bongkarpost)- Para Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) di Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang, memberikan pengarahan kepada para penerima manfaat dana PKH, bahwa terkait informasi dari Pemerintah yang akan mencairkan dana PKH setiap bulan, itu memang benar adanya.

Hal ini dikarenakan, pertimbangan mengenai pencegahan corona virus disease (Covid-19), sehingga harapan Pemerintah dengan pencairan yang rutin tersebut, dapat memastikan kebutuhan rumah tangga penerima, terpenuhi selama mereka menjalankan anjuran Pemerintah untuk dapat diam dirumah saja.

Bacaan Lainnya

“Karena kita para pendamping PKH di Kecamatan Dente Teladas, belum bisa untuk melakukan pertemuan kelompok terkait larangan mengumpulkan masyarakat, jadi sejauh ini mengenai berapa- berapa besaran dana yang diterima masyarakat kita sosialisasikan melalui media sosial atau kita sampaikan satu persatu kepada para penerima, dengan tetap menjaga jarak (social distancing),” jelas Korcam PKH Kecamatan Dente Teladas Aziz Heri Utomo.

Namun, catatannya, bahwa bantuan tahap 1 dan 2 Tahun 2020 sudah masuk, sehingga sisa tahap 3 dan tahap 4 (6 Bulan), nah sisa bantuan 2 tahap tersebut yang akan dicairkan setiap bulan, yang seyogyanya dari bulan Juli- Desember 2020.

Mengenai hal dimaksud, pemerintah memberikan bantuan tambahan 3 bulan terhitung dari April Mei dan Juni, dengan besaran bantuan tiap bulan :

  1. Balita/Bumil 250.000
  2. SD/MI 75.000
  3. SMP 125.000
  4. SMA 165.000
  5. Lansia/Disabilitas 200.000

Dan maksimal yang tercover di PKH hanya 4 Komponen saja, contoh anak si Bunga ada 5 orang ( 3 SD, 1 SMP dan 1 SMA), maka tercover di PKH hanya 4 anak (2 SD, 1 SMP dan 1 SMA).

Berarti jumlah yang di terima ialah :
SD 75.000 x 2 = 150.000
SMP = 125.000
SMA = 165.000
Jadi yang diterima hanya 440.000/ bulan selama 3 bulan.

“Jadi untuk KPM PKH jangan heran bila bantuan tiap bulan ini nominal akan berkurang yang biasanya 3 bulan sekali masuk bantuan, sekarang menjadi 1 bulan sekali,” jelas Aziz, bersama para Pendamping PKH Kecamatan Dente Teladas lainnya.

Diharapkan, dengan penjelasan ini sedikit bisa memberikan informasi kepada masyarakat dan bisa dipahami, sehingga tidak lagi ada yang bertanya kenapa bantuan tersebut seperti menjadi berkurang. (Can/Ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *