Kepala Desa Purwodadi Simpang Bagikan 4500 Masker Ke Warga

  • Whatsapp

Lampung Selatan, (Bongkarpost)- Untuk mengantisipasi memutus rantai penyebaran Virus Corona pada warganya, Lamidi selaku Kepala Desa Purwodadi Simpang, Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (19/4) membagikan 4500 masker yang diterima secara langsung oleh 10 Kadus ( Kepala Dusun).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa setempat juga dihadiri oleh mitra desa Babinsa dan Babinkantibmas, BPD, Bidan Desa, Perangkat Desa serta Tim relawan pencegahan Virus Corona (Covid-19) desa setempat.

Bacaan Lainnya

Saat ditemui dilokasi kegiatan, kepada BongkarPost, Lamidi menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah suatu rangkaian dari kegiatan penanganan untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) didesanya.

“Desa Purwodadi Simpang sangat rentan dengan penyebaran Virus Corona, dikarnakan letak desa Purwodadi Simpang berada di pinggir ruas jalan Trans Sumatera, yang setiap saat selalu dilewati arus hilir mudik penumpang dan barang antar Pulau Jawa dan Sumatera,” kata Lamidi.

“Pembagian masker ini kami berikan kepada warga, agar dalam aktifitas apapun ketika keluar rumah warga harus menggunakan masker, langkah ini salah satu untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona,” jelasnya.

Selain membagikan masker kepada warga, lanjut Lamidi. Dirinya sebagai Kepala Desa Purwodadi Simpang pada rabu (15/4) lalu telah membentuk Tim Relawan Desa untuk pencegahan Virus Corona didesa setempat, dalam Tim Relawan itu semua unsur dan Mitra yang ada didesa Purwodadi Simpang ikut dilibatkan, seperti Babinsa dan Babinkantibmas, Kepala Puskesmas Desa, BPD, Perangakat Desa.

“Dibentuknya tim relawan pencegahan Virus corona agar kegiatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di desa Purwudadi Simpang bisa terkoordinir,” kata Lamidi.

Untuk pencegahan penyebaran Virus Corona, Tim relawan dan perangkat desa melaksanakan penyemprotan Disenfektan yang dibagi 2 tempat, yaitu pada Fasilitas umum dan rumah warga, untuk setiap hari Jum’at dilakasanakan penyemprotan Disenfektan pada fasitas umum yang selalu dapat disentuh oleh tubuh manusia seperti, Mussolah, Pasar, Gedung Sekolah, toko/ warung dan untuk penyemprotan pada rumah warga, itu dilaksanakan setiap hari minggu yang dikoordinir oleh Kadus dan RT masing -masing,” katanya.

Lamidi juga mengungkapkan, warga desa Purwodadi Simpang juga diharuskan menyediakan air dan sabun di depan rumah untuk digunakan mencuci tangan sebelum masuk kerumah, sampai hari ini hampir semua rumah warga sudah menyediakan air dan sabun didepan rumahnya.

“Dengan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan menjaga kesehatan diri, seperti menggunakan masker dan selalu cuci tangan itu sudah termasuk langkah untuk memutus penyebaran Virus Corona dilingkungan keluarga dan warga sekitar,” kata Lamidi.

Dia juga menambahkan, dikarnakan letak geografis desa Purwodadi Simpang berada di dekat ruas jalan Lintas Sumatera, sehingga sangat memungkinkan terjadinya penyebaran Virus Corona masuk ke desa setempat, untuk menanggulangi hal itu, Tim relawan bersama perangkat desa dan warga setempat telah membuat Posko tetpadu untuk penanganan Virus corona yang lokasinya di samping ruas jalan trans sumatera.

“Posko ini di gunakan oleh tim relawan perangkat desa untuk memantau dan mendata warga pendatang yang masuk kedesa atau warga desa yang baru pulang dari perantauan, terutama pada saat arus mudik nanti. Disitu juga disiapkan perlengkapan untuk pencegahan Covid-19 dan untuk di Balai Desa, karena sebagai fasilitas umum dan tempat pelayanan publik, juga sudah dilengkapi kipas Blower dan alat pendeteksi suhu tubuh. Semua kegiatan pencegahan untuk memutus rantai penyebaran Civid-19 sudah dilakukan, semoga warga desa Purwodadi Simpang terbebas dari wabah Covid-19,” harapnya. (Firdaus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *