HUT ke-32, Kibang Pacing Jaya Adakan Ruwat Kampung

  • Whatsapp

Tulangbawang, BP
Ribuan masyarakat Kampung Kibang Pacing Jaya, Kecamatan Menggala Timur, tumpah ruah saat pagelaran wayang golek khas Jawa Barat

pada acara Bersih Kampung alias Ruwat Kampung, dalam rangka HUT ke -32 kampung tersebut. Acara pun bertepatan dengan HUT ke-73 RI. Ribuan masyarakat merebutkan sesajen berupa buah – buahan, peralatan pertanian dan nasi tumpeng, Saptu (18/8).

Bacaan Lainnya

Pagelaran Wayang Golek yang dibawakan oleh Dalang Abah Utai dari Pringsewu, membawa cerita tentang kisah kemajuan Kampung Kibang Pacing dari waktu ke waktu hingga sekarang.

Tak hanya itu, ditampilkan pula kesenian Jaipong Mawar grup dari Kecamatan Kebun Tebu Lampung Barat, yang diiringi oleh nada bahagia musik, yang berlangsung sejak pukul 22.00 Wib hingga dini hari.

Kegiatan ulang tahun kampung dan ruat kampung tersebut juga dihadiri oleh Hendriwansyah Wakil Bupati Tuba, Nirwansyah Habib DPRD Tuba asal Fraksi Golkar, Karnel MD Kakam Cempaka Dalam, Sapri Kakam Cempaka Jaya, Eko Babinsa, Pakuan Babinkamtibmas Hi. Hattop tokoh agama, seluruh pini sepuh, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Ropdi Kepala Kampung Kibang Pacing Jaya mengatakan, dirinya memberi apresiasi kepada masyarakat atas dukungan semua pihak sehingga terselenggara acara ruat kampung dalam momen HUT Kampung Kibang Pacing Jaya ke 32, sekaligus HUT ke 73 RI.

Ia berharap, ruatan atau bersih kampung ini dapat menjadikan kampung menjadi lebih berkah dan lebih maju.

“Bersih kampung ini adalah tradisi masyarakat dahulu yang diturunkan dari generasi ke generasi, ruat kampung sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah sang pencipta alam, agar senantiasa melindungi masyarakat Kampung Kibang Pacing, serta atas berkah tani masyarakat melimpah,” jelas Ropdi.

Dikatakannya, sejarah Kampung Kibang Pacing Jaya adalah pemekaran dari Kampung Kibang Menteng Kelurahan Menggala Tengah di tahun 1986.

“Kampung Kibang Pacing dipimpin oleh kepala kampung Kibang Menteng pertama Hi. Impin, tokoh pemekaran pertama, dengan luas wilayah 1170 hektar, jumlah 3056 jiwa dengan 650 kepala keluarga,” jelas Ropdi.

Sementara itu, dalam sambutanya Hendriwansyah, Wakil Bupati Tuba ini pun mengapresiasi Pemerintah Kampung Kibang Pacing Jaya ang mengadakan ruat kampung, dimana makna ruat adalah rasa syukur terhadap sang pencipta dan mendoakan warganya sehat, tentram ayem dan hasil pertanian, peternakan dan nelayan melimpah ruah.

“Selain itu, ruat kampung juga momen berkumpulnya masyarakat, kerabat dan keluarga besar Kampung Kibang Pacing Jaya menjadi contoh kampung lain di Kabupaten Tulangbawang. Semoga ke depan masyarakat bisa menjadi lebih baik, lebih maju, keguyupan, dan semakin rukun, mudah-mudahan dengan adanya pagelaran seni dan ruat kampung ini bisa menjadi pemersatu antar masyarakat,” tegas Hendriwansyah.

Seusai memberikan sambutan, Hendriwansyah menyerahkan piala pemenang senam BMW. Ia juga memberikan hadiah tambahan berupa dorprize kepada pemenang senam BMW yang disambut sorak sorak tim peserta senam BMW. (riswan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *