Direspon Kementerian ESDM, Pemasangan PJUTS Di Tuba Dimulai

  • Whatsapp

Tulangbawang, BP
Usai usulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tulang Bawang direspon Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI), program Desa Terang Menuju Indonesia Indonesia Terang, pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) akhirnya mulai direalisasikan di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur, Sabtu (05/10/2020).

Hal itu ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama yang dilaksanakan di Kampung Tri Makmur Jaya, Kecamatan Menggala Timur, pertanda dimulainya program PJUTS Desa Terang Menuju Indonesia Indonesia Terang di Kabupaten Tulang Bawang.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia, Jaja Sujana, dalam laporannya mengatakan, bahwa pembangunan PJUTS ini sudah direncanakan pada Tahun 2019 yang lalu, sehingga pada tahap awal pemasangan solar cell akan dilakukan sebanyak 5 titik dari 2.285 titik khususnya untuk di Kecamatan Menggala Timur, yang mana selanjutnya program Desa Terang Menuju Indonesia Terang akan melangkah ke seluruh Kampung yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.

Jaja Sujana yang merupakan Ketua Forum Kepala Kampung di Kecamatan Menggala Timur ini juga mengatakan, dengan dilakukannya peletakan batu pertama, menandakan bahwa program ini adalah nyata bukan hoax dan bukan mimpi belaka. “Semoga PJUTS ini sesuai dengan keinginan kita dan masyarakat di Kabupaten Tulangbawang,” harapnya.

Sementara, Komisaris PT. Multi Rancabangun Prima, Thomas Irianto A Rivai, selaku Kaperwil Sumbagsel, mengatakan bahwa program PJUTS merupakan maha karya anak bangsa, dimana kegiatan ini dilaksanakan diwilayah Kabupaten Tulangbawang, dan pelaksanaannya akan mengutamakan kepuasan terhadap masyarakat.

“Program penerangan tersebut tidak hanya dilaksanakan di jalan umum saja, malainkan juga ditempat sarana ibadah, pemakaman umum, dan wilayah rawan kecelakaan,” jelasnya.

Sedangkan, Bupati Tulang Bawang Winarti yang diwakili oleh Kadis BLHD Ristu Irham, mengatakan progam indonesia terang adalah program nasional yang sudah dijalankan oleh Pemerintah dengan melibatkan berbagai instansi terkait, termasuk pihak swasta.

“Kami mengapresasi program Desa Terang Menuju Indonesia Terang yang disosialisasikan di Kabupaten Tulang Bawang, yang sekaligus ditandai dengan peletakan batu pertama PJUTS di Kampung Tri Makmur Jaya ini,” tegasnya.

Lanjut Ristu Irham, di Kabupaten Tulang Bawang progam indonesia terang juga selaras dengan 25 progam unggulan Bergerak Melayani Warga (BMW), yaitu progam Tulang Bawang Terang, dengan target seluruh Kampung dialiri listrik.

“Alhamdulillah sejak 25 program BMW dijalankan, dari jumlah 47 Kampung yang tadinya belum terlalu listrik, Tahun 2019 lalu kurang lebih tinggal 20 Kampung lagi, sehingga kami berharap, kedepan program BMW Tulang Bawang Terang, dapat bersinergi dan saling mendukung dengan program Desa Terang Menuju Indonesia Indonesia Terang, untuk menuntaskan kebutuhan Kampung- Kampung yang belum teralir listrik di Tulang Bawang,” tutupnya.

Adapun acara peletakan batu pertama dan sosialisasi ini, selain dihadiri dari Pemerintah dan APDESI, turut pula dihadiri Kapolres Tulang Bawang, Dandim 0426/TB, Komisaris PT. Multi Rancabangun Prima, Dirut Operasional PT. Diaz Biro Persada dan Dirut PT. Diaz Biro Persada. (Can/Ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *