Dinkes Tuba Himbau Masyarakat Gunakan Masker Yang Baik Dan Benar

  • Whatsapp

Tulangbawang, BP
Masker merupakan bagian dari protokol kesehatan dalam mencegah berbagai virus masuk ke tubuh, salah satunya cara pencegahan tertularnya virus corona disease (Covid-19). Yang mana, selain dari menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, masker juga berperan penting dalam pencegahan tersebut.

Namun, apa jadinya bila masker yang di gunakan sehari-hari tidak efektif dalam pencegahan virus masuk ke tubuh,seperti halnya yang saat ini banyak informasi yang beredar,mengenai masker scuba dan buff yang tak baik digunakan.

Bacaan Lainnya

Hal itu juga yang disampaikan Sekretaris Dinas kesehatan Tulangbawang Lasmini yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Fatoni, menghimbau kepada masyarakat Tulangbawang untuk bersama memastikan penggunaan masker yang baik dan benar, terutama masker dengan bahan kain.

“Karena untuk bahan kain, seharusnya atau lebih baik berbahan tiga lapis agar lebih efektif mencegah penyebaran virus tersebut, Saya tidak melarang masyarakat mengunakan masker scuba dan buff, akan tetapi saya berharap masyarakat untuk ada baiknya mengunakan masker yang berbahan kain katun tiga lapis atau masker bedah yang memiliki kualitas pencegahan virus masuk ke tubuh lebih optimal,” jelas Lasmini, Jumat (18/9/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, masker kain dengan bahan lentur seperti scuba yang banyak digunakan masyarakat, dikhawatirkan tidak berfungsi secara optimal, karena masker scuba tidak memiliki kerapatan untuk menutup wajah secara penuh dan juga pori-pori kain tersebut memiliki kerenggangan sehingga ada kemungkinan udara yang dihirup dapat masuk tanpa ada penyaringan.

“Hal tersebut membuat peluang virus tetap masuk cukup besar, karena kalau hanya memakai masker satu lapis, khawatir droplet menempel pada bagian luar masker dan lama-lama meresap melalui pori masker, yang kemudian akan langsung mengenai mulut dan hidung kita,” tandasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada, serta tetap terus menggalakan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (Can/Ris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *