Desa Lebung Sari Realisasikan DD Tahap I Tahun 2020

  • Whatsapp

Lampung Selatan, BP.id
Desa Lebung Sari, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan merealisasikan Dana Desa (DD) tahap I Tahun Anggaran 2020 berupa pembuatan badan jalan dari Dusun Lebung Sari ke Dusun Jatirejo sepanjang 546 meter dan lebar 5 meter dengan anggaran sebesar Rp38 juta.

Pekerjaan Padat Karya Tunai (PKT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu dimulai Kamis (2/4/2020), dihadiri Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, SKM, Kades Lebung Sari Komariah, Kapolsek, Koramil Merbau Mataram, Pendamping Desa serta segenap Perangkat Desa setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Lebung Sari, Komariah saat ditemui di lokasi pekerjaan menjelaskan, pekerjaan pembuatan badan jalan merupakan salah satu kegiatan pekerjaan fisik yang diprioritaskan pada Dana Desa (DD) TA 2020. Prioritas ini berasal dari Musdus (Musyawarah Dusun) yang diagendakan pada Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) Lebung Sari.

“Dengan dibangunya badan jalan yang bisa menghubungkan jalan dari Dusun Lebung Sari ke Dusun Jatirejo, diharapkan dapat bermanfaat kepada warga sekitar dan ke depannya bisa digunakan sebagai pemukiman warga\, karena saat ini semakin padatnya pemukiman penduduk di Desa Lebung Sari,” jelasnya.

Pembuatan badan jalan Dusun Lebung Sari ke Dusun Jatirejo, lanjut Komariah, memiliki volume panjang 546 meter dan lebar 5 meter dengan nilai anggaran Rp38 juta. Ini merupakan salah satu pekerjaan fisik yang ada pada Program DD (Dana Desa) tahap 1 TA 2020.

Selain pekerjaan pembuatan badan jalan, masih ada pekerjaan fisik lain seperti pembangunan drainase di Dusun Jatirejo sepanjang 195 meter, pembangunan drainase di Dusun Sidorejo sepanjang 100 meter, dan pembangunan drainase di Dusun Margosari sepanjang 200 meter.

“Semua pekerjaan fisik pada Program Dana Desa dilaksanakan secara swakelola oleh warga dusun tempat lokasi proyek berada, dengan tujuan agar warga setempat dapat merasakan manfaat dari adanya Program Dana Desa, selain itu warga pun dapat menjaga kwalitas pekerjaanya,” katanya.

Komariah menambahkan, semua pekerjaan fisik yang menggunakan Dana Desa Tahap I ini diharapkan selesai sebelum bulan Ramadhan.

“Kita berharap pelàksanaan pekerjaan fisik tahap I ini tidak terkendala dengan cuaca, karena saat ini masih dalam kondisi musim hujan, terutama lagi maraknya Virus Covid-19, kita optimis Covid-19 tidak menjadi penghalang Desa Lebung Sari untuk merealisasikan Dana Desa, semua pekerjaan fisik Dana Desa di Lebung Sari itu dilaksanakan oleh TPK (Tim Pelaksana Kerja) dan saya selalu mengedepankan ketransparanan perangkat desa, khususnya warga Desa Lebung Sari, karena tanpa adanya kerjasama dari perangkat desa, serta dukungan masyarakat, saya tidak bisa bekerja sendiri untuk membangun Desa Lebung Sari lebih baik lagi,” papar Srikandi Lebung Sari ini.

Di tempat yang sama, Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, SKM berharap, pembukaan badan jalan dari dusun Lebung Sari ke Dusun Jati Rejo, ke depan akan ada pemekaran wilayah, sehingga warga bisa memanfaatkan lokasi sekitar pembukaan jalan guna pemukiman warga.

“Yang pasti agar bisa lebih tertata lagi tata kotanya, ini pekerjaan Padat Karya Tunai, dalam rangka pencegahan Covid-19 agar masyarakat setempat tetap bisa bekerja,” pungkasnya. (firdaus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *