Belasan Warga Perantau Asal Kampung Negara Tama Jalani Isolasi Diri

  • Whatsapp
Isolasi Diri

Waykanan, BP.id
Sebanyak 13 orang warga Kampung Negara Tama, Kecamatan Pakuon Ratu, Kabupaten Waykanan, yang baru tiba dari Jakarta, tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Kepala Kampung (Kakam) Negara Tama, Ashari, Jumat (3/4/2020) mengatakan, sesuai dengan data yang ada sebanyak 200 warganya yang berada di perantauan 150 orang di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta dan 50 orang bekerja diluar negeri sebagai TKI.

Bacaan Lainnya

“Saat ini sudah ada 13 warga yang pulang dari Jakarta, saat tiba ke 13 warga tersebut setelah membersihkan diri di rumah langsung diminta memeriksakan diri ke puskesmas, lalu sesuai dengan prosedur menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari dan berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP),” katanya.

Tim Gugus Tugas Kampung dikatakan oleh Ashari setiap hari memantau ke 13 warganya untuk memastikan isolasi mandiri berjalan dengan baik.

“Memastikan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri agar menahan diri dengan menjaga interaksinya pada keluarga sendiri dan masyarakat, lalu memonitor perkembangan kesehatan,” kata dia.

Ashari menjelaskan, sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid -19) yang telah banyak merenggut korban jiwa, sebelumnya juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke fasilitas umum juga selalu mengingatkan warganya agar tidak bepergian keluar daerah dan bagi warga yang baru saja tiba dari luar daerah ataupun perantauan wajib untuk melaporkan diri dan menjalani pemeriksaan kesehatan lalu mengisolasi diri.

“Jika melihat kondisi saat ini kemungkinan warga yang bekerja di perantauan dan akan mudik jumlahnya akan bertambah, tetapi kami belum mendapatkan informasi dari warga yang bekerja sebagai TKI diluar negeri yang ingin pulang ke kampung. Mengingat ada 50 warga yang bekerja sebagai TKI diluar negeri mereka tersebar di beberapa negara seperti, Malaysia, Hongkong, Taiwan dan Makau,” ujar Ashari. (kuntar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *