Kesbangpol Pesawaran Terima Laporan Enam Parpol Baru

  • Whatsapp

Bongkarpost.co.id (Pesawaran) – Kantor Badan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pesawaran telah menerima laporan 6 Partai Politik (Parpol) baru yang akan mengikuti pemilih umum Tahun 2024 di kabupaten berjuluk ‘Bumi Andan Jejama’.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakesbangpol) Kabupaten Pesawaran Zainal Arifin, diwakili Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri (Poldagri) Edi Efendi, saat diwawancarai wartawan media ini diruang kerjanya.

Bacaan Lainnya

“Ya per hari ini (9/8) kita sudah menerima laporan 6 parpol baru yang akan mengikuti pemilu tahun 2024 yakni, DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia, DPD Partai Umat, DPC Partai Indonesia bangkit Bersatu (IBU), Partai Buruh EXCA, Partai Kongres dan Partai Kebangkitan Nusantara,” ujarnya.

Namun dirinya tidak bisa memastikan apakah keenam parpol baru tersebut dapat mengikuti pemilu tahun 2024.

“Ada 6 Parpol baru, namun belum bisa dipastikan ikut pemilu, karena harus verifikasi di pusat terlebih dahulu untuk memenuhi persyaratan administrasi dan faktual,” katanya.

“Kalau persyaratan administrasi, contohnya seperti kepengurusan, keanggotaan, domisili sekretariat, dan lain sebagainya. Sedangkan persyaratan faktual, nanti petugasnya langsung yang turun kelapangan untuk mengecek kebenaran dari administrasi tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, Kesbangpol tidak memiliki jumlah batasan dalam menerima pendaftaran partai politik hingga pemilu yang akan datang.

“Kecuali akhir Desember nanti, itu pun ketika sudah selesai verifikasi di pusat untuk ikut pemilu. Jadi sudah tidak bisa daftar lagi,” tambahnya.

Untuk diketahui, total partai politik (parpol) yang sudah terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Pesawaran sebanyak 22 partai, antara lain :

1. Partai Nasional Demokrat (NASDEM)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
5. Partai Golongan Karya (Golkar),
6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
7. Partai Demokrat
8. Partai Amanat Nasional (PAN)
9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
11. Partai Bulan dan Bintang (PBB)
12. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)
13. Partai PERINDO
14. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
15. DPD Partai Berkarya
16. Partai Gerakan Perubahan Indonesia
17. DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia
18. DPD Partai Umat
19. DPC Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU)
20. Partai Buruh EXCA
21. Partai Kongres, dan
22. Partai Kebangkitan Nusantara.

(Akbar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *