Bongkar Post – Program Terpana Permudah Kepengurusan Dokumen  

  • Whatsapp

 

Bongkar Post

Bacaan Lainnya

Bongkar Post – Metro | Dinas pendudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kota Metro memberikan pelayanan mudah bagi pengantin untuk memperoleh dokumen kependudukan dengan program terintegrasi pelayanan administrasi kependudukan, Selasa (1/8/2023).

Saat dikonfirmasi awak media Bongkar Post kepala Dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Metro Ika Pusparini Anindita Jayasinga mengatakan, program terpana bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag).

“Jadi pada saat melangsungkan pernikahan, maka dia bisa langsung mengurus dokumen administrasi kependudukan ke disdukcapil. Sehingga pada saat yang bersangkutan memperoleh buku nikah dari Kementerian agama maka dia akan memperoleh KTP,” ujarnya.

Ia menuturkan, alur kepengurusan program terpana sangat mudah.

“Jadi saat mereka mengurus dokumen pernikahan ke Kemenag mereka juga bisa langsung mengurus dokumen kependudukan ke Disdukcapil,” tuturnya.

Ika menyampaikan, dalam program terpana selain pengantin memperoleh KTP baru yang sudah merubah status, juga mendapatkan kartu keluarga (KK) baru.

“Tidak harus mengurus dari Kelurahan dan Kecamatan tapi langsung dapat KK baru,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, program terpana Disdukcapil Kota Metro sudah berjalan sejak 2022 dan sangat membantu dalam mempercepat dokumen administrasi kependudukan pada pengantin.

“Saya berharap pada pasangan calon pengantin pada saat mengurus dokumen pernikahan bisa juga mengurus dokumen kependudukan dengan menghubungi petugas KUA dan menghubungi petugas Disdukcapil,” pungkasnya. |Aliando

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *