SMK Negeri 1 Merbau Mataram Butuh Tambahan Lokal

  • Whatsapp

Bongkarpost.co.id (Lampung Selatan) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Kecamatan Merbau Mataram pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022 menerima 162 siswa dengan pilihan tiga kejuruan yaitu, Multi Media, Tehnik Instalasi Tenaga Listrik dan Tehnik Bisnis Sepada Motor (TBSM).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri I Merbau Mataram dimulai sejak 27 hingga 30 Juni 2022 lalu. Dikarenakan keterbatasan ruang kelas, dari 170 siswa yang mendaftar, hanya 162 siswa PPDB yang diterima sebagai siswa sekolah setempat.

Bacaan Lainnya

Tampaknya, jurusan Multimedia menjadi pilihan Favorit bagi siswa baru di sekolah tersebut. Dari 162 siswa baru di sekolah itu, sebanyak 78 siswa yang memilih jurusan Multi Media.

“Siswa yang mendaftar pada PPDB kemarin, itu sekitar 170 siswa. Karena ruang kelas kita tidak mencukupi, akhirnya sekolah hanya bisa menerima 162 siswa,” ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Merbau Mataram, Suratiman, S.Pd. kepada Bongkar Post, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, untuk tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, dari tiga jurusan yang dijadikan di SMKN 1 Merbau Mataram, jurusan Multimedia menjadi jurusan pilihan yang favorit bagi siswa baru.

“Tahun ini, jurusan Multimedia sangat over sekali. Dari 162 siswa, itu ada 93 siswa yang memilih jurusan itu,” jelasnya.

“Ya karena sekolah hanya bisa menyediakan dua ruang kelas untuk jurusan Multimedia. Akhirnya hanya 72 siswa yang tercover untuk jurusan itu. Ya karena sekolah kita keterbatasan ruang kelas,” sambung Suratiman.

Dari tiga jurusan yang ada, kata Suratiman, jurusan Multimedia menjadi jurusan pilihan yang favorit dikarenakan sesuai dengan era digital saat ini.

“Jurusan ini selain dibutuhkan oleh Pemerintah. Setelah siswa tamat sekolah, siswa bisa dengan mudah untuk berwira usaha, apa lagi saat ini jamannya serba digital,” bebernya.

Namun, sambung Suratiman, dua jurusan lain seperti Jurusan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik dan Jurusan Tehnik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) juga memiliki prospek yang sangat bagus bagi siswa.

“Seperti Jurusan TBSM, sekolah kita sudah bekerja sama dengan Honda Astra. Pihak Astra sendiri menyiapkan pendidikan perbengkelan bagi siswa yang setelah lulus akan berwira usaha sendiri. Apa lagi sekarang ini, di setiap rumah minimal mempunyai dua kendaraan roda dua. Peluang jurusan ini pun sangat bagus,” imbuh Suratiman.

“Begitu juga dengan jurusan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik. Prospek kedepannya pun sangat bagus bagi siswa untuk berwira usaha. Sesuai dengan tujuan SMK secara Nasional yaitu Berwirausaha, bekerja dan melanjutkan Kuliah,” tutup Suratiman.

(Fir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *