Puncak Peringatan HUT ke-13 Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2022 Berlangsung Meriah dan Khidmad

  • Whatsapp

TULANG BAWANG BARAT – Rangkaian Peringatan Hari ulang tahun Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Tahun 2022 yang telah dimulai beberapa hari telah berakhir, dan pada puncaknya, peringatan hari jadi Kabupaten Tulangbawang Barat Ke -13 yang bertepatan pada Senin tanggal 4 April 2022.

Pada kegiatan yang sangat khidmad ini dihadiri langsung oleh Bupati Hi. Umar Ahmad, SP. dan mengambil Tema “Meneguhkan Langkah Menuju Tubaba”.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut dirangkai dengan Kick Off Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang bertempat di Gedung Balai Adat Sesat Agung Bumi Gayo Komplek Islamik Center Kelurahan Panaragan Jaya Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tubaba. Pada Senin (4/4/2022).

Setelah Menyanyikan lagu Mars Tubaba, acara dilanjutkan dengan menonton bersama video sejarah profil Kabupaten Tulangbawang Barat hingga saat ini.

Pada kesempatan ini Bupati Hi. Umar Ahmad, SP. menyampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, “Karena atas perkenan-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul di Sesat Agung Bumi Gayo dan juga melalui Zoom meeting, dalam Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tulang Bawang Barat yang ke-13 dan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Tahun 2022,” ucapnya.

“Kehadiran kita bersama hari ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas pencapaian yang telah kita raih. Bukan hanya pada satu tahun ke belakang, tapi lebih jauh lagi hingga dari tiga belas tahun sejak Kabupaten kita telah berdiri. Bersama-sama telah kita rasakan kemajuan Tulang Bawang Barat di berbagai bidang, baik itu di bidang ekonomi,infrastruktur, pendidikan, kesehatan, budaya dan pariwisata, yang tentunya menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah daerah,” ujarnya.

“Dengan keberhasilan tersebut, tidak lantas membuat kita cepat berpuas diri. Pencapaian yang telah diraih harus jadi pemacu semangat. Mari kita jadikan momen ini sebagai momen pemulihan ekonomi, pemulihan kesehatan dan kemajuan yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Harapan Saya semoga di usia ke-13 ini, Kabupaten Tulang Bawang Barat bersama-sama seluruh elemen masyarakat, dapat terus meneguhkan langkah Menuju Tubaba, menuju Tulang Bawang Barat Pulang ke Masa Depan,” harap Bupati.

Bertepatan dengan HUT Kabupaten Tulang Bawang Barat yang ke-13 ini, juga menjadi Movement Area dari penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Tahun 2022. Pada hari ini Kick Off Gernas BBI akan diselenggarakan sebagai tahap awal peluncuran dari serangkaian kegiatan, sampai pada saatnya nanti Acara Puncak yang Insha Allah akan  Ldilaksanakan pada bulan Juni 2022 dan akan dibuka oleh Bapak Presiden Republik Indonesia.

“Kita patut bersyukur atas seluruh prestasi-prestasi yang berhasil kita raih. Berkat dukungan dan kerja keras
kita bersama, maka Kabupaten Tulang Bawang Barat bisa menoreh prestasi melalui beberapa penghargaan di tahun 2021 melalui UMKM unggulan yang kita miliki,” lanjut dia, di antaranya :

1). Atu-Q, UKM dengan produk sovenir menggunakan berbagai bahan alam khas Tubaba yaitu Tikew,menggali kembali dan melestarikan motif-motif Tubaba kuno yang mulai punah. Juga berhasil dalam program Pemberdayaan Pengrajin PerempuanTubaba, memperoleh penghargaan Gender Champion 2021 Perempuan Inspiratif Tubaba dalam dunia usaha, serta menjadi bagian
dari binaan Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam meraih Juara 1 stan pameran terbaik se-Provinsi Lampung dalam acara Lampung Craft 2021.

2). Izzul Jaya, UKM dengan produk makanan ringan yang berhasil meraih Juara 2 Provinsi Lampung pada Program Ekspor Coaching Program 2021, Kemendag dan Disperindag Provinsi Lampung, dan juga merupakan UKM yang telah melakukan ekspor perdana di tahun 2021.

3). Gendis Ayu Jahe, UKM dengan produk minuman Botanikal Serbuk Jahe Merah, yang berhasil masuk dalam 30 IKM terpilih program BBI Provinsi Lampung 2022. IKM lolos kurasi dan difasilitasi Export Coaching Program dari Kementerian Perdagangan 2021 serta berhasil dalam program Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani untuk suplai bahan baku produksi.

4). Fatih Kuliner, UKM dengan produk Aneka Olahan Ikan endemik khas perairan sungai Tubaba, yang berhasil menjadi Juara 2 Gemar Ikan Provinsi Lampung dan juga masuk kedalam 60 besar Tingkat Nasional, dalam Inkubasi Bisnis Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“UMKM ini kita harapkan dapat menjadi salah satu komponen penggerak roda perekonomian dan kemajuan berkelanjutan, dengan tetap menerapkan prinsip sederhana, selaras dan lestari. Semoga para pelaku usaha di Tubaba dapat terus menorehkan prestasi serta membawa Kabupaten Tulang Bawang Barat yang lebih maju di tahun-tahun yang akan datang. Sejalan dengan upaya yang kita lakukan dan mengingat saat ini berada di era industri yang menekankan pada daya saing dan produktivitas, oleh karenanya Kabupaten Tulang Bawang Barat mendukung kemajuan dari UKM/UMKM melalui Gernas BBI,” beber dia.

“Sehingga UKM/UMKM terus berpacu untuk menghasilkan produk buatan dalam negeri sehingga masyarakat dapat benar-benar bangga dan memprioritaskan produk buatan lokal dibandingkan produk luar.”

Sebelum menutup sambutannya, atas nama pribadi dan juga Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, secara khusus Bupati menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, Panitia Pemekaran Kabupaten Tulang Bawang Barat dan seluruh selemen masyarakat lainnya, yang dengan penuh ketulusan telah mencurahkan tenaga dan pikiran sehingga kita bisa merasakan kemajuan Kabupaten Tulang Bawang Barat di usia ke-13 tahun ini dan di tahun yang akan datang. Semoga segala kebaikan yang telah dilakukan kepada daerah kita tercinta ini, menjadi amal ibadah bagi kita semua. Harap Umar Ahmad mengakhiri sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan Penyematan Duta BBI Kab. Tulang Bawang Barat oleh Bupati beserta Forkompinda Kab. Tulang Bawang Barat. Penyerahan Kartu BPJS Ketenaga kerjaan secara simbolis
Peninjauan Pameran Usaha UMKM yang Ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat oleh unsur Forkopimda.

Kegiatan di masing-masing Tiyuh Se-Kab. Tulang Bawang Barat dilaksanakan melalui Zoom meeting dikarenakan dalam situasi Pandemi Covid-19.

Tampak Hadir dalam kegiatan ini Bupati Tulang Bawang Barat Ir. H. Umar Ahmad, SP.Wakil Bupati Tulang Bawang Barat H. Fauzi Hasan, SE.,MM. Ketua DPRD Tuba Barat Ponco Nugroho, ST.Dandim 0412/LU di Wakili Oleh Mayor Inf A. Sunarya, S.Sos.Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P. Silalahi, S.IK.,MM.
Kajari Tuba Azi Tyawhardana, SH.,MH. Danlanud Pangeran M. Bunyamin Kadis Ops Kapten POM Firmandai.

(ADVERTORIAL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *