Pesawaran Masuk Dalam Tahap Pertama Peralihan TV Analog ke TV Digital

  • Whatsapp

PESAWARAN – Rencana Pemerintah bakal mengalihkan TV Analog ke TV Digital akan dilakukan pada tahun ini (2022) dengan tiga tahap. Menanggapi hal itu Jayadi Yasa selaku Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Pesawaran mengatakan Kabupaten Pesawaran masuk dalam tahap pertama migrasi TV Analog ke TV Digital.

“Sesuai instruksi Pemerintah Pusat, Kabupaten Pesawaran masuk dalam tahap pertama peralihan TV Analog ke TV Digital atau Analog Switch Of (ASO), yaitu pada bulan April (2022), tapi sekarang kita masih dalam tahap sosialisasi,” ungkapnya, Jumat 4 Februari 2022.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kebijakan tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Pemerintah untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain, serta memberikan pelayanan Televisi yang berkualitas bagi masyarakat.

“Nantinya siaran TV Analog akan dihentikan oleh Pemerintah dan mengganti ke siaran TV Digital hal ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan siaran TV yang lebih bersih dan jernih serta dengan resolusi yang lebih baik,” ujar dia.

Namun begitu, kata dia, Pemerintah telah menyiapkan program agar masyarakat kedepan tetap bisa menikmati siaran TV digital, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Kalau sebelumnya masyarakat menggunakan TV tabung, tetap bisa menikmati siaran TV digital namun harus memasang Set Top Box (STB), nah khusus bagi masyarakat yang kurang mampu, pemerintah juga akan memberikan bantuan pemasangan STB tersebut secara gratis, rencananya kami akan menggunakan data DTKS yang ada di Dinas Sosial untuk memberikan bantuan STB tersebut,” katanya.

“Tapi yang pasti kami masih menunggu juklak dan juknisnya lebih lanjut, dan sekarang kita masih melakukan sosialisasinya terlebih dahulu,” tutupnya.

(Aris)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *