FMIPA Unila dan PT. Fermentech Indonesia Jalin Kerja Sama Peningkatan Pembelajaran Mahasiswa

  • Whatsapp

Lampung Timur, BP

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) Dr. Eng. Heri Satria, S.Si., M.Si., bersama tim kerja sama FMIPA mengunjungi factory PT. Fermentech Indonesia (FTI) yang berlokasi di Lampung Timur, Selasa, 25 Juli 2023.

Bacaan Lainnya

Kunjungan bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara kedua pihak serta membahas rencana kerja sama yang akan dilakukan guna meningkatkan pembelajaran di FMIPA, khususnya terkait dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa.

Kerja sama ini akan mencakup PKL mahasiswa, baik yang diselenggarakan secara regular maupun melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Rombongan dari FMIPA Unila disambut Vice President Director PT. FTI, Mr. Katsuhisa Onoyama, beserta jajaran pimpinan PT. FTI, dalam sebuah pertemuan di ruang meeting perusahaan.

Pada kesempatan itu Dr. Heri Satria memperkenalkan FMIPA kepada jajaran pimpinan PT. FTI dan menyoroti upaya FMIPA dalam meraih akreditasi internasional untuk seluruh program studi yang dimiliki.

Hingga saat ini, FMIPA berhasil mengantongi akreditasi internasional untuk dua program studi, yaitu S1-Kimia dan S1-Biologi.

Oleh karena itu, FMIPA sangat aktif menjalin kerja sama dengan berbagai sektor industri, termasuk PT. Fermentech Indonesia, agar para mahasiswa memiliki kesempatan untuk melaksanakan PKL di industri.

“Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di dunia nyata, sekaligus memahami budaya perusahaan sebagai bekal profesionalisme ketika lulus,” ungkapnya.

Pihak PT. FTI menyambut baik program kerja sama ini dan akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa FMIPA untuk melaksanakan PKL di perusahaan mereka.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut diulas kemungkinan FMIPA memiliki dosen praktisi dari PT. FTI yang akan berkontribusi pada beberapa mata kuliah, dengan tujuan untuk memberikan pengayaan akademik dan pengalaman praktis dari dunia industri kepada para mahasiswa.

Sebagai informasi, PT. Fermentech Indonesia (FTI) merupakan anak perusahaan Mitsubishi Corporation Life Sciences Limited (MCLS), Japan, yang bergerak di bidang manufaktur bahan tambahan pangan, seperti flavor enhancer dan gelling agentFactory perusahaan ini berada di Lampung Timur, sementara Head Office-nya terletak di Jakarta.

Kerja sama yang terjalin antara FMIPA Unila dan PT. FTI diharapkan memberi manfaat besar bagi kedua pihak, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengalaman mahasiswa dalam menghadapi dunia industri.

Dengan adanya keterlibatan langsung dari perusahaan, diharapkan mahasiswa lebih siap dan terampil dalam menghadapi tantangan dunia kerja setelah lulus dari Universitas Lampung. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *