Dinas UMKM Kota Metro Adakan Pelatihan Workshop Digital Marketing, Ini Harapan Wakil Walikota Rafieq
Bongkar Post, Metro — Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) adakan kegiatan pelatihan workshop digital marketing kepada 25 orang pelaku UMKM binaan. Kegiatan berlangsung di Lec kartika Kota setempat, Rabu (3/9/2025).
Tujuan kegiatan adalah guna pelatihan digital yang dapat menjadi awal dari proses transformasi digital bagi para peserta, sehingga mendapatkan ilmu dan keterampilan yang dapat dipoles setidaknya diterapkan secara nyata dalam usaha di mitra produktif lainnya.
Wakil Walikota Metro Rafieq Adi Pradana dalam kesempatan nya menyampaikan dengan pelatihan digital marketing tersebut di harapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan pasar Baru yaitu pasar dunia digital yang potensinya sangat besar bisa meningkatkan keuntungan ataupun omset.
“Di tengah perubahan yang masif ini digital marketing atau pemasaran digital menjadi salah satu ujung tombak transformasi bisnis.
Seperti yang kita ketahui UMKM ini masalahnya adalah rentannya untuk tidak laku atau mudahnya tutup usaha, untuk itu kami dari dinas UMKM mencoba mencarikan pasar terbaik yang tidak perlu modal besar tapi bisa memberikan dampak besar bagi para pelaku usaha tersebut,” ucapnya kepada awak media.
Saat menyampaikan sambutannya Rafieq juga mengatakan,platform seperti media sosial marketplace,website, email dan mesin pencari telah menjadi alat yang sangat efektif untuk menjangkau konsumen dengan biaya yang relatif rendah namun dengan jangkauan yang sangat luas dan hasil yang bisa terukur.
“Transformasi digital bukan hanya sebuah tantangan, tetapi sekaligus sebuah peluang besar. Dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkatkan penetrasi perangkat mobile, masyarakat Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk tumbuh dan berkembang di ranah digital,”. ungkapnya.
“Maka dengan kegiatan ini kami ingin menjambatani kesenjangan tersebut dengan menyediakan ruang belajar yang aplikatif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Untuk itu kami berharap pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teknis tapi juga membentuk mindset digital yakin cara berpikir yang inovatif kreatif dan adaptif terhadap perubahan,” tandasnya.
Sementara itu kepala dinas UMKM Kota Metro Deny Sanjaya dalam penyampaian laporan nya menambahkan,tujuan kegiatan tersebut guna untuk meningkatkan pemahaman serta konsep dan prinsip dasar digital marketing.
“Tujuan kegiatan ini membekali peserta dengan keterampilan teknis penggunaan platform digital untuk pemasaran kemudian mendorong peserta untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pengembangan usaha atau pekerjaan. Dan membangun ekosistem masyarakat terhadap perkembangan teknologi kemudian workshop atau peran digital diberikan kepada UMKM.
Peserta dari kegiatan workshop atau pelatihan digital marketing ini berjumlah 25 orang warga Kota Metro mereka pelaku UMKM binaan Dinas koperasi UMKM Kota Metro yang terdiri dari UMKM aktif dan perempuan,kepala keluarga dan keluarga prasejahtera,” paparnya.
Ia menambahkan untuk narasumber dalam kegiatan tersebut adalah bapak Ahmad Gufron, dengan materi yang disampaikan meliputi memantau digital marketing kemudian pengertian algoritma branding pembuatan konten.
“Metode pelatihan dilaksanakan edukatif diskusi kelompok praktek langsung kemudian simulasi market digital, dan hasil yang dicapai diharapkan konsep dan strategi digital marketing. Peserta mampu mengidentifikasi platform digital yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Peserta dapat membuat akun bisnis di media sosial perangkat kotak promosi dan melakukan analisa sederhana terhadap. Terbentuknya jejaring antar peserta untuk kolaborasi dalam perkembangan usaha berbasis digital,” tambahannya.
Deni juga berharap dengan pelatihan digital ini dapat menjadi awal dari proses transformasi digital bagi para peserta ilmu dan keterampilan dipoles setidaknya dapat diterapkan secara nyata dalam usaha di mitra produktif lainnya.
“Kami berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjangkau lebih banyak kelompok-kelompok UMKM lain nya. Semoga apa yang kita lakukan menjadi kontribusi nyata dalam pengembangan ambisitas SDM di era digital dalam bisnis UMKM,”pungkasnya.(**)