Bongkar Post – Program Silat Jamin Ketepatan Pelayanan Kesehatan

 

Bongkar Post

Bacaan Lainnya

Bongkar Post – Metro | RSUD Jend A Yani menggelar kegiatan penandatanganan komitmen bersama dan fakta integritas dalam rangka mendukung sistem layanan antrian terintegrasi (SILAT).

 

Giat tersebut guna meningkatkan pelayanan rawat jalan pada RSUD Jend A Yani Metro.

 

Dikatakan Direktur RSUD Jend A Yani Metro Fitri Agustina, silat merupakan rangkaian pelayanan pasien yang terintegrasi.

“Dimulai dari proses pendaftaran online kemudian adanya notifikasi pasien terkait ketepatan jam pelayanan dan notifikasi dokter terkait jumlah kunjungan pasien di poliklinik,” ujarnya.

 

Menurutnya, yang melatarbelakangi dari inovasi tersebut adalah berdasarkan data capaian indikator mutu nasional.

 

“Waktu tunggu rawat jalan tahun 2022 sebesar 62,92% namun capaian ini masih belum sesuai dari ketentuan dalam peraturan menteri Kesehatan nomor 30 tahun 2022 yaitu sebesar 80% sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan pasien di rawat jalan,” jelasnya.

 

Ia menuturkan, waktu tunggu rawat jalan yaitu waktu yang dibutuhkan mulai saat pasien kontak dengan petugas pendaftaran sampai mendapat pelayanan dari dokter spesialis.

 

“Kemudian kita ketahui bersama bahwa RSUD jenderal Ahmad Yani merupakan rumah sakit tipe b pendidikan utama dan sebagai rumah sakit rujukan regional di provinsi Lampung, di mana angka kunjungan rawat jalan semakin hari semakin meningkat,” tuturnya.

 

Fitri menyampaikan, sesuai undang-undang nomor 44 tahun 2009 rumah sakit harus menjamin ketepatan pelayanan kesehatan termasuk di unit rawat jalan walaupun tidak dalam kondisi gawat darurat maupun darurat tetap harus dilayani dalam waktu yang telah ditetapkan.

 

“Tujuan dari inovasi ini adalah yang pertama untuk memberikan pelayanan prima dan peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat, agar tidak terjadi penumpukan antrian pasien di rawat jalan dan pasien dapat dilayani sesuai dengan ketentuan,” katanya.

 

Fitri menambahkan, manfaat dari inovasi tersebut adalah peningkatan kepuasan pasien, dan Citra rumah sakit sebagai rumah sakit yang cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan meningkat, serta meningkatnya kunjungan pasien pengguna layanan dan mengurangi pengaduan pasien di rawat jalan

 

“Agar kita dapat berkomitmen bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya.

 

Menanggapi hal tersebut Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengucapkan, terima kasih, kepada RSUD Jend A Yani yang telah memberikan pelayanan lebih baik lagi dalam new pabrik service (NPS).

 

“Adalah bagaimana masyarakat mendapat pelayanan dengan akses yang mudah,” paparnya.

 

Pihaknya berkomitmen, dengan baik memberikan pelayanan tepat waktu kepada masyarakat bersama RSUD Jend A Yani sebagai rumah sakit kebanggaan Kota Metro.

 

“Pemerintah Kota Metro berusaha untuk saling mendukung bagaimana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat adalah pelayanan NPS,” pungkasnya. | Aliando

Pos terkait