Intip Jurus Perumda AM Way Rilau Hadapi Perubahan Iklim & Tingkatkan Kapasitas Layanan Pelanggan

SEMANGAT! – Di antara sekian ujud layanan Perumda AM Way Rilau Kota Bandarlampung, (searah jarum jam): layanan air bersih bagi pelanggan terdampak perbaikan pipa bocor, layanan perbaikan kebocoran pipa, layanan mobile banking pembayaran tagihan, layanan pesan antar AMDK jenama SIGER Mineral. | dok/Muzzamil

 

Bacaan Lainnya

BANDARLAMPUNG, BONGKARPOST.CO.ID — Terus berderap dari masa ke masa, dari satu walikota ke walikota penerusnya, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum (AM) Way Rilau Kota Bandarlampung terpantau terus menapaki diri demi menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) setempat dan rakyat Bumi Ragom Gawi.

Kendati sempat menjadi sorotan tajam publik antikorupsi atas terungkap hingga terusut tuntasnya kasus tindak pidana korupsi pengadaan pipa Proyek Strategis Nasional (PSN) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandarlampung oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung yang pun telah berkekuatan hukum tetap inkrah dan empat terpidana kini tengah menjalani masa pemidanaannya.

Terlepas dari itu, pun ditengah masih terus tinggi dan besarnya animo publik layangkan kritik terbuka “tanda peduli tanda sayang” terhadap kiprah, kinerja usaha, dan kinerja layanan, hingga segala sepak terjang BUMD Pemkot Bandarlampung satu ini.

Terlepas dari itu, sebagaimana dirangkumkan dari warta unggahan akun ofisial media sosial Instagram @perumda.am_wayrilau, kurun satu tahun terakhir, seperti diakses disitat ulang pada Ahad (10/8/2025).

Sejumlah upaya perbaikan (rehabilitasi) dan rekonstruksi, peningkatan kapasitas aparatur sumber daya layanan pelanggan, revitalisasi sistem jaringan perpipaan, kerja sama mitra pembayaran tagihan bulanan, kerja sama mitra pengamanan data dan aset, kerja sama mitra sejawat kompatriot anggota Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI), hingga pemajuan digitalisasi layanan pelanggan, turut terpantau juga terus berprogres dari bulan ke bulan.

Sebagai informasi singkat, misal yang disebut terakhir ditempuh berupa digitalisasi layanan pembayaran tagihan bulanan pelanggan yang sejak 1,5 tahun lalu telah bisa dilakukan lewat layanan mobile banking Bank Lampung dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Selain sebelumnya telah bisa dilakukan daring via BNI Mobile Banking, BRImo, Go-Jek, Livin’ Mandiri, dan Shopee. Serta Pos Indonesia.

Upaya terkait lainnya, upaya Perumda AM Way Rilau menghadapi fenomena perubahan iklim yakni dengan melakukan normalisasi sungai Way Kuripan bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA), Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sejak 2024.

Terkait bulan kemerdekaan, dimana kita akan merayakan HUT ke-80 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2025 mendatang, kiprah Perumda AM Way Rilau Kota Bandarlampung sebagai salah satu dari total 425 entitas penyelenggara SPAM baik Perumda AM, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dan korporat swasta anggota PERPAMSI.

Seturut, Perumda AM Way Rilau sefrekuensi visi misi PERPAMSI, entitas dirian 8 April 1972 silam ini, yang didirikan dengan tujuan utama membantu pemerintah dalam mengisi alam kemerdekaan demi terwujudnya masyarakat adil makmur dengan kesejahteraan material dan spiritual yang merata berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, khususnya dalam bidang penyediaan air minum di Tanah Air.

Sidang Pembaca pelanggan bukan pelanggan semisal jika menemukenali marak pencurian instalasi Water Meter di rumah pelanggan residensial atau kantor korporat, tak sengaja menemukenali terdapat pipa air bocor, ingin menjadi pelanggan baru, ingin meminta layanan air bersih gratis atau ingin pesan antar produk air minum dalam kemasan (AMDK) jenama SIGER Mineral produksinya, jangan segan jangan ragu hubungi hotline Perumda AM Way Rilau Kota Bandarlampung di 082178435388.

“Tabikpun. Admin Yth, izin melaporkan, tadi saya lewat, di Jalan Nganu ada pipa bocor. Saya share loc ya Mimin. Semoga segera ditindaklanjuti. Terima kasih,” demikian kekira bunyi chat WhatsApp yang bisa, dan biasa diterima unit layanan pengaduan pelanggan Perumda AM Way Rilau. (Muzzamil)

Pos terkait