Banaran Expo 2025, Dirut PTPN I: “Gencarkan Promosi Produk UMKM!”
Bongkar Post, SEMARANG–-Direktur PTPN I Teddy Yunirman Danas menyatakan akan mendorong produk-produk UMKM mitra binaan untuk mempromosikan lebih massif dan lebih luas. Hal itu disampaikan Teddy usai meninjau seluruh stan pada pameran dan gelar produk bertajuk Banaran Expo 2025 di Kampoeng Kopi Banaran, Semarang, Sabtu (1/11/25). Teddy mengatakan, hampir seluruh produk yang dipajang berkualitas sangat baik dan sudah seharusnya bersaing di pasar nasional dan pasar ekspor.

“Saya perhatikan dengan detail, produk-produk mitra binaan kita sudah sangat baik. Dari mutu produk, tekstur, kemasan, rasa, aroma, dan perpaduan warna sudah sangat baik. Tinggal gas saja di pasar yang lebih luas. Bahkan, harus kita dorong untuk ke pasar ekspor,” kata Teddy Yunirman Danas usai mengelilingi hampir semua gerai pada gelaran produk itu.
Banaran Expo 2025 diadakan dalam rangkaian Race Pack Collection(RPC) PTPN I dan mengisi keramaian agenda Banaran Trail Run 2025 yang diikuti ribuan pelari dari seluruh Indonesia dan manca negara.
Sebanyak 46 stand disediakan diisi aneka produk dari para pengusaha kecil (UMKM) yang dibina PTPN I Regional 3, Regional 5, dan Regional 2 di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur,dan Jawa Tengah sekitarnya.
Berbagai produk dipajang pada pameran ini. Dari produk pakaian, alas kaki, makanan, minuman, hingga pernak-pernik lain. Secara seksama Teddy Yunirman Danas yang didampingi para pejabat Perusahaan singgah di gerai batik, jaket, sandal gunung, dan produk berbahan tekstil lain. Juga memperhatikan produk makanan ringan, teh dan kopi berbagai varian, dan produk makanan lain.
“Saya melihat langsung inovasi dan kualitas produk yang luar biasa dari UMKM binaan kita. Mulai dari produk, kemasan, hingga rasa, ini menunjukkan bahwa produk UMKM kita mampu bersaing. Kami bangga, dan PTPN I akan terus memfasilitasi agar produk-produk ini tidak hanya dikenal di tingkat regional, tetapi juga tembus pasar ekspor. Ini adalah aset nyata perusahaan dan masyarakat,” kata Teddy Yunirman Danas.
Teddy menambahkan, RPC dan Bannaran EXPO bukan sekadar kegiatan seremoni, tetapi platform strategis untuk mengakselerasi peningkatan kualitas SDM, UMKM, dan pelaku usaha, sekaligus membuka pasar yang lebih luas bagi produk-produk UMKM mitra binaan PTPN I. PTPN I berkomitmen menjadi supporting system yang kuat untuk ekonomi kerakyatan.
Pada acara pembukaan, SEVP Operation PTPN I Regional 3 Budiono melaporkan, Banaran Expo 2025 diadakan sebagai salah satu opsi untuk membangun sinergi dengan masyarakat. Harmoni perusahaan dengan warga di Regional 3, kata dia, dirajut dengan berbagai bentuk sehingga rasa saling memiliki dan saling menjaga dapat terwujud.
“Banaran Expo 2025 kami dedikasikan untuk UMKM mitra binaan kita untuk mempromosikan produk sekaligus jualan. Momen RPC dan Banaran Trail Run 2025 yang dihadiri banyak tamu menjadi kesempatan saudara-saudara kita pengusaha kecil untuk mengenalkan produknya. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian kami untuk UMKM dan Masyarakat,” kata SEVP bergelar doktor ini.
Buidono menambahkan, salah satu agenda pada even ini adalah Coffee Academy yang diikuti oleh 28 peserta yang berasal dari Semarang dan Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam budidaya, pengolahan, hingga penyajian kopi berkualitas. Selain edukasi, Bannaran EXPO juga diramaikan dengan kompetisi kopi, memamerkan kekayaan dan keragaman cita rasa kopi terbaik dari perkebunan PTPN I.
Senada dengan Budiono, Sekretaris Perusahaan PTPN I, Aris Handoyo, mengatakan, sinergi Regional sangat dibutuhkan dalam program pemberdayaan.
Keikutsertaan tiga Regional dalam satu even, kata dia, akan menguatkan komitmen dan sinergi dalam semua aspek operasional.
“Ini adalah kesempatan emas bagi para pelaku UMKM untuk berbagi pengalaman, memperluas jaringan, dan bersama-sama meningkatkan kapasitas bisnis mereka. PTPN I tidak hanya mengurus kebun, tetapi juga komunitas dan masyarakat di sekitarnya,” kata Aris Handoyo.
Acara RPC dan Bannaran EXPO ini diharapkan menjadi momentum strategis bagi PTPN I untuk terus berinovasi dan berkontribusi aktif dalam memajukan UMKM dan ekonomi daerah.(*)







